Friday, September 26, 2014

Artikel Kesehatan Hidup Dengan Diabetes-Perawatan Diabetes

Artikel kesehatan kali ini akan membahas tentang bagaimana cara merawat penderita diabetes.
Mengelola diabetes, membuat perubahan dan menyesuaikan gaya hidup Anda dengan tuntutan diabetes terkadang sangat sulit. Perawatan diabetes yang efektif hanya dapat dicapai melalui kerja sama dengan keluarga Anda, mereka ada untuk mendukung Anda dalam mengelola diabetes. Orang yang paling penting dalam kelompok ini adalah Anda sendiri, karena keputusan yang dibuat akan mempengaruhi Anda. Dengan bertanggung jawab dalam mengelola diabetes akan memungkinkan untuk merawat diabetes Anda lebih efektif. Gali informasi lebih lanjut jika Anda perlu. Berikut adalah beberapa cara merawat diabetes :
perawatan diabetes
http://www.pinterest.com/pin/469429961132216950

1. Rajin Berolahraga

Berolahraga secara rutin, seperti latihan beban ringan atau cukup dengan berjalan, meningkatkan penggunaan insulin dalam tubuh dan dapat menurunkan kadar gula darah pada orang dengan diabetes Tipe 2. Aktif bergerak juga membantu mengurangi lemak tubuh, menurunkan tekanan darah, dan melindungi dari penyakit jantung. Orang dengan diabetes Tipe 2 setidaknya harus berolahraga selama 30 menit selama beberapa hari dalam seminggu.

2. Hindari Stres 

Stres dapat menyebabkan tekanan darah meningkat. Selain itu juga dapat meningkatkan kadar glukosa dalam darah Anda sebagai bagian dari Anda respon tubuh. Jangan berpaling kepada makanan untuk mengatasi stres. Semua hal terasa buruk ketika hidup dengan diabetes. Untuk mengatasi stres, cobalah berlatih teknik relaksasi seperti bernapas dalam-dalam, atau meditasi. Kadang-kadang berbicara dengan teman, anggota keluarga, konselor, atau mungkin ulama dapat membantu. Jika Anda masih kesulitan mengatasi stres, konsultasikan dengan dokter Anda.

3. Diet

Mengontrol kadar gula darah dengan cara mengatur pola makan dan mengurangi berat badan berlebih juga dapat mengurangi risiko komplikasi. Orang dengan diabetes Tipe 2 harus berhati-hati memantau konsumsi karbohidrat dan menjaga jumlah karbohidrat dalam makanan Anda tetap konsisten, demikian juga dengan asupan lemak dan protein, serta mengurangi kalori. Bila perlu konsultasikan ke ahli diet untuk membantu Anda memilih makanan yang sesuai dengan kondisi Anda.

4. Obat Oral

Ketika orang-orang dengan diabetes Tipe 2 tidak dapat mengontrol gula darah dengan cara diet dan olahraga, maka mereka harus meminum obat-obatan. Ada banyak jenis pil diabetes yang tersedia, dan sering digunakan dalam kombinasi. Beberapa bekerja dengan cara merangsang pankreas untuk menghasilkan lebih banyak insulin, obat lainnya berkhasiat untuk meningkatkan efektivitas insulin, atau memblokir pencernaan karbohidrat kompleks. Beberapa obat yang digunakan untuk mengobati diabetes Tipe 2 juga membantu menghambat pemecahan insulin.

5. Insulin

Dokter mungkin memberi resep insulin pada awal pengobatan Anda dan dikombinasikan dengan pil. Insulin juga dapat digunakan pada orang dengan diabetes Tipe 2 yang mengalami "kegagalan sel-beta." Ini berarti sel-sel di pankreas tidak lagi memproduksi insulin ketika mengalami kenaikan kadar gula darah. Dalam hal ini, terapi insulin, suntikan atau pompa, harus menjadi bagian dari rutinitas sehari-hari.

6. Injeksi Non-Insulin

Obat baru yang tersedia untuk orang-orang dengan diabetes Tipe 2. Pramlintide (Symlin), exenatide (Byetta), dan liraglutide (Victoza) adalah obat suntik non-insulin. Jika fungsi insulin menarik glukosa ke dalam sel tubuh, obat-obat ini menyebabkan tubuh melepaskan insulin untuk mengontrol kadar gula darah.

Semoga Bermanfaat.

Artikel lain tentang diabetes :

1 comment:

Ruang Komentar