Thursday, September 25, 2014

Mengenal Tanda Dan Gejala Depresi

depresi
http://www.pinterest.com/pin/198651033533312868
Tanda terjadinya depresi bervariasi antara orang yang satu dengan yang lain, namun ada beberapa tanda dan gejala yang hampir pasti selalu ada. Perlu untuk diingat bahwa gejala-gejala ini masih dalam tahap wajar jika hanya terjadi sekali-kali, ketika seseorang sedang ada masalah dalam kehidupannya. Tapi jika gejala-gejala ini semakin sering terjadi, dan semakin kuat, maka semakin besar kemungkinannya bahwa seseorang sedang mengalami depresi. Sudah saatnya untuk mencari bantuan. Berikut adalah tanda dan gejala depresi :

1. Berperilaku Sembrono

Seseorang berperilaku sembrono ketika mengalami depresi sebagai bentuk pelarian. Perilaku ini bisa berbentuk mabuk-mabukan, penggunaan obat terlarang, perjudian, mengemudi ugal-ugalan, atau kegiatan-kegiatan ekstrim lainnya.

 

2. Berat Badan Naik/Turun Secara Drastis

Seseorang yang sedang mengalami depresi bisa kehilangan nafsu makan, atau malah terlalu banyak makan. Jika berat badan naik/turun secara signifikan atau lebih dari 5% dari berat badan dalam satu bulan.

 

3. Perasaan Tidak Berdaya dan Putus Asa

Jika seseorang tiba-tiba menjadi tidak peduli dengan penampilannya, tidak mau berdandan, selalu terlihat murung, padahal biasanya tidak, hal itu pun bisa menjadi tanda depresi.

 

4. Perubahan Pola Tidur

Perubahan pola tidur bisa berarti insomnia, sulit tidur, sering bangun tengah malam, atau malah tidur berlebihan (juga dikenal sebagai hipersomnia).

 

5. Sakit Yang Tidak Bisa Dijelaskan

Ketika seseorang mengalami rasa sakit dan nyeri atau peningkatan keluhan fisik seperti sakit kepala, sakit punggung, sakit otot, dan sakit perut. Sedangkan dokter tidak bisa menemukan penyebabnya.

 

6. Mudah Marah dan Selalu Gelisah

Selalu merasa resah, gelisah, atau bahkan mudah tersulut melakukan kekerasan, tingkat toleransi rendah, marah tanpa sebab, dan segala sesuatu serta semua orang membuatnya emosi. Apabila terjadi pada usia remaja, untuk mengatasi hal ini bisa dilihat di sini : Mengatasi Sifat Pemarah Pada Remaja

 

7. Menjadi Malas

Tidak lagi tertarik melakukan kegiatan sehari-hari. Tidak lagi suka menekuni hobi, aktivitas sosial, olahraga dll. Kehilangan kemampuan untuk merasakan rasa senang dan bahagia.

 

8. Benci Pada Diri Sendiri

Perasaan tidak berharga atau perasaan bersalah yang kuat. Suka mengkritik diri sendiri dan menganggap semua yang dilakukannya selalu salah.

 

9. Kehilangan Tenaga

Mudah lelah, lesu, dan tenaga mudah terkuras. Seluruh tubuh terasa berat, dan bahkan tugas-tugas kecil yang biasanya ringan terasa melelahkan atau membutuhkan waktu lebih lama untuk menyelesaikan.

 

10. Kehilangan Konsentrasi

Gangguan konsentrasi, sulit fokus pada segala sesuatu, kesulitan membuat keputusan, atau mengingat sesuatu.

Depresi membuat seseorang sulit untuk menikmati hidup seperti biasanya. Bahkan terkadang sekedar melewati hari pun bisa terasa berat. Apabila tidak segera mendapatkan pertolongan, penderita depresi bisa mengalami hal-hal yang lebih berbahaya, seperti sakit jiwa atau bahkan bunuh diri seperti yang terjadi pada aktor Robin William baru-baru ini.
Tapi tak peduli seberat apapun masalahnya, pasti bisa diatasi. Memahami tanda-tanda, gejala, penyebab, dan pengobatan depresi adalah langkah pertama untuk mengatasinya.

Semoga bermanfaat.

1 comment:


  1. Ijin promo yah gan...Mari Bergabung Dengan Website itudewa Situs judi online yang memberikan BONUS DEPOSIT NEW MEMBER 10% Untuk

    Semua Member BARU SETIAP HARINYA. MINIMAL Deposit Rp.25.000 dan Withdraw Rp.50.000

    -Bonus referral sebesar 20% seumur hidup
    -Bonus Ajak Teman Kamu Bermain Refferensi S/D 100ribu
    -Bonus GEBYAR TURNOVER TERBANYAK MENDAPATKAN HADIAH UTAMA 50JT
    -Bonus Rollingan 0,3
    -Bonus New Member 10%

    Akses ke 7 Game Hanya dengan 1 ID
    Tunggu apalagi ayo segera GABUNG di ITUDEWA
    BUKTI PEMENANG PROMO GEBYAR ITUDEWA : KLIK DISINI
    DAFTARKAN DIRI ANDA SEGERA : DAFTAR ITUDEWA

    HubungiKontak Kami :
    Line : ituDewa
    WhatsApp : +85561809401
    WeChat : OfficialituDewa

    ReplyDelete

Ruang Komentar