Wednesday, September 24, 2014

Mengenal Ciri-Ciri Remaja Bermasalah

kenakalan remaja
http://www.pinterest.com/pin/177681147772078284
Ketika remaja mulai mandiri dan menemukan jati diri, banyak yang mengalami perubahan perilaku, sebagian diantaranya mungkin tampak aneh dan tak terduga bagi orang tua. Anak manis dan penurut yang dulu tidak mau terpisah dari orangtua, sekarang mulai menjaga jarak. Anak yang dulu selalu tampak riang dan suka berbicara kepada semua orang, kini mulai terlihat cuek dan terkadang cuma melirik ketika diajak bicara. Meskipun terkadang hal ini menyakitkan bagi sebagian orangtua, sayangnya hal ini adalah tindakan yang normal bagi seorang remaja, belum termasuk ciri-ciri remaja bermasalah.
Apabila ada diantara anak-anak Anda yang bermasalah, tentu akan sulit untuk menjaga keharmonisan keluarga. Karena itu perlu diketahui ciri-ciri remaja bermasalah sejak dini sebelum terlambat untuk mengatasinya. Untuk mengetahui anak-anak Anda bermasalah atau tidak, berikut ciri-ciri yang dimiliki oleh remaja bermasalah :

1. Mengubah Penampilan

Ketika menginjak usia puber, setiap remaja pasti akan mulai berdandan. Tampil modis menjadi penting bagi mereka. Bisa juga mereka akan mengenakan pakaian bertuliskan provokatif atau mencolok untuk mencari perhatian. Kecuali anak Anda ingin bertato atau bertindik, hindari mengkritik dan simpan protes Anda untuk menghindari masalah yang lebih besar. Fashion akan terus berubah, dan begitu juga dengan remaja Anda.
Anda boleh mulai khawatir jika itu disertai dengan masalah di sekolah atau perubahan negatif dalam perilaku, atau jika ada bukti fisik (bisa berupa tato atau tindik), atau penurunan berat badan secara ekstrim.

2. Suka Membantah dan Memberontak

Usia remaja berarti juga mereka akan mulai suka membantah dan menunjukkan perilaku memberontak. Hal ini sebagai bentuk remaja mencari kebebasan. Anda akan mulai sering pusing karena hal ini.
Jika eskalasi membantah menjadi sangat tinggi, atau mungkin disertai kekerasan di rumah, bolos sekolah, terlibat dalam perkelahian, bahkan mungkin bersangkutan dengan masalah hukum, semua perilaku itu adalah bendera merah yang melampaui norma pemberontakan remaja.

3. Suasana Hati Mudah Berubah

Karena meningkatnya hormon dan perubahan perkembangan sering berarti bahwa remaja Anda akan sering mengalami perubahan suasana hati, perilaku mudah marah, dan berusaha menjaga emosi.
Perubahan yang cepat dalam kepribadian, nilai jatuh, terus-menerus terlihat murung, sering merasa cemas, atau sulit tidur dapat menunjukkan bahwa mereka sedang depresi, mungkin karena bullying, atau masalah kesehatan emosional lain.

4. Mencoba Rokok atau Minuman Keras

Sebagian besar remaja mungkin akan mencoba rokok atau alkohol pada suatu saat. Bicarakan dengan anak-anak Anda secara terbuka tentang bahaya merokok, alkohol dan narkoba adalah salah satu cara untuk memastikan hal ini tidak menjadi kebiasaan.
Ketika merokok dan alkohol atau bahkan mungkin narkoba menjadi kebiasaan, terutama ketika itu disertai dengan masalah di sekolah atau di rumah, ini sudah menjadi bendera merah dan harus segera diatasi.

5. Lebih Mudah Dipengaruhi Teman

Teman menjadi sangat penting bagi remaja dan dapat memiliki pengaruh besar pada pilihan hidup mereka. Remaja lebih fokus pada teman-teman mereka, sehingga menjadi menarik diri dari orangtua. Ini mungkin membuat Anda merasa sakit hati, tapi bukan berarti remaja Anda tidak perlu cinta atau kasih sayang Anda.
Bendera merah apabila terjadi perubahan mendadak dalam pergaulan teman sebaya (terutama jika bergaul dengan teman-teman baru yang mempunyai perilaku negatif), menolak untuk mematuhi aturan batas-batas norma yang wajar, atau menghindari konsekuensi dari perilaku buruk mereka dengan berbohong. Selain itu apabila remaja Anda terlalu banyak menghabiskan waktu sendiri juga dapat menunjukkan adanya masalah.

Demikian adalah ciri-ciri remaja bermasalah. Terimakasih atas kunjungannya, semoga remaja Anda akan baik-baik saja. Kalaupun ada masalah dengan mereka, semoga Anda bisa segera mengatasinya.

4 comments:

  1. terimakasih kaa artikelnya sangat menambah membantu saya terhadap menghadapi anak2:)

    www.cbs-bogor.net

    ReplyDelete
  2. Numpang ya bossku ^^

    HANYA DI KENARI POKER BANYAK BONUSNYA BOSSKU
    Bonus Welcome Untuk New Member:
    - Bagi deposit Rp.10,000 - Rp.14,999 Bonus Rp.5.000
    - Bagi deposit Rp.15,000 - Rp.24,999 Bonus Rp.10.000
    - Bagi deposit Rp.25,000 - Rp.49,999 Bonus Rp.15.000
    - Bagi deposit Rp.50,000 - Rp.99,999 Bonus Rp.20.000
    - Bagi deposit Rp.100,000 ke atas Bonus Rp.25.000
    - Bonus next deposit 5% untuk deposit Rp.50.000
    REAL PLAYER VS PLAYER !!!

    Syarat Klaim bonus yaitu menghubungi CS kami di
    WHATSAPP : +855966139323
    BBM : KENARI00
    LIVE CHAT : KENARIPOKER . COM
    ALTERNATIVE LINK : KENARIPOKER . COM

    ReplyDelete
  3. Numpang posting ya min ^_^
    Buruan yuk mampir di Y9POKER guys
    *Minimal Deposit 10.000-,
    *Minimal Withdraw 15.000-,

    Disini kamu dapat mainkan 1 ID untuk semua game^__^
    *Texas Poker *Capsa Susun
    *Ceme *Bandar Capsa
    *Ceme Keliling *Big Two (new game)
    *Domino QQ

    Y9POKER ada memiliki beberapa bonus menarik seperti
    *Welcome Bonus 20%
    *Bonus Referral 5%
    *Bonus CashBack Mingguan 0.5%
    *Bonus Next Deposit 5%

    Buruan Join DIY9POKER !!
    Hubungi Customer Service kami yang siap melayani kamu selama 7 x 24 jam Stay Online
    Pin BBM : E36DAA23
    WA : +6285261535211
    LINE : Y9POKER
    Live Chat : Y9POKER(.)Com

    ReplyDelete

Ruang Komentar