Friday, September 26, 2014

Artikel Kesehatan Mengenal Penyakit Diabetes

Dalam artikel kesehatan kali ini, saya akan membahas tentang apa itu diabetes, gejala diabetes, dan macam-macam diabetes.

Apa Itu Diabetes?

apa itu diabetes
https://www.flickr.com/photos/diabetescare/14366209098
Diabetes termasuk dalam kelompok umum penyakit metabolik kronis yang menyebabkan tingkat gula darah (glukosa) tinggi karena kegagalan produksi/fungsi insulin. Insulin adalah hormon yang dilepaskan oleh pankreas ketika kita makan. Insulin mengalihkan gula dari darah ke dalam sel. Jika sel-sel tubuh tidak menggunakan insulin dengan baik, atau jika tubuh tidak mampu untuk menghasilkan cukup insulin, gula akan menumpuk dalam darah.
Beberapa gejala diabetes antara lain rasa haus yang berlebihan, mudah lapar, dan sering buang air kecil, mudah lelah, luka sulit sembuh, dan mata kabur. Jika diabetes berkembang dengan cepat, seperti yang terjadi pada diabetes Tipe 1, penderita bisa mengalami penurunan berat badan yang drastis.
Jika diabetes berkembang perlahan-lahan, seperti pada diabetes Tipe 2, penderita mungkin tidak terdiagnosis sampai gejala jangka panjang muncul, seperti serangan jantung atau rasa nyeri di dada, mati rasa, dan kesemutan di kaki. Penderita komplikasi diabetes jangka panjang dapat mengalami gagal ginjal, kerusakan saraf, dan kebutaan.

Jenis-jenis diabetes antara lain :

Diabetes Tipe 1

Diabetes tipe ini dikategorikan sebagai penyakit auto imun dan terjadi ketika tubuh salah mengarahkan sistem kekebalan tubuh sehingga malah menyerang beta sel di pankreas yang memproduksi insulin. Meskipun pemicunya diduga adalah sifat genetik atau lingkungan, penyebab pasti diabetes Tipe 1 tidak sepenuhnya dipahami. Diabetes Type 1 hanya terjadi antara 5 sampai 10 persen dari kasus diabetes yang terjadi di Amerika Serikat, dan walaupun dapat terjadi pada semua usia, sebagian besar pasien yang didiagnosis adalah anak-anak atau dewasa muda. Penderita diabetes Tipe 1 harus mendapat suntikan insulin setiap hari untuk menjaga kondisi tubuh mereka.

Diabetes Tipe 2

Diabetes tipe ini sering berkembang secara bertahap dengan bertambahnya usia dan ditandai dengan resistensi insulin dalam tubuh. Untuk alasan yang belum sepenuhnya dipahami, sel-sel tubuh tidak lagi mampu menggunakan insulin secara efektif. Karena resistensi ini, lemak dalam tubuh, hati, dan sel-sel otot tidak lagi dapat mengambil dan menyimpan glukosa, yang digunakan untuk energi. Glukosa tetap dalam darah. Penumpukan glukosa (gula darah) yang tidak normal ini, yang disebut hiperglikemia, merusak fungsi tubuh. Diabetes Tipe 2 terjadi paling banyak pada orang yang kelebihan berat badan atau jarang berolahraga, dua hal yang dianggap menyebabkan resistensi insulin. Riwayat kesehatan keluarga dan genetika memainkan peran penting dalam diabetes Tipe 2.

Diabetes Gestasional

Diabetes gestasional didefinisikan sebagai naiknya gula darah selama kehamilan, diketahui sekitar 3-8 persen wanita terkena diabetes jenis ini. Jika tidak terdiagnosis atau tidak diobati, dapat menyebabkan masalah seperti berat badan lahir tinggi dan masalah pernapasan pada bayi. Semua wanita hamil diuji diabetes gestasional di antara usia kehamilan 24 dan 28 minggu, karena di usia tersebut masalah ini biasanya muncul. Diabetes gestasional biasanya sembuh setelah bayi lahir, tetapi statistik menunjukkan bahwa wanita yang memiliki diabetes gestasional memiliki kemungkinan lebih besar untuk terkena diabetes Tipe 2 dalam waktu lima sampai 10 tahun.

Prediabetes

Meskipun prediabetes secara teknis bukan diabetes, beberapa ahli menyebutnya sebagai langkah awal sebelum penderita terkena diabetes Tipe 2. Kondisi ini ditandai dengan kadar gula darah yang terlalu tinggi untuk dianggap normal tetapi belum cukup tinggi untuk berada di kisaran diagnosis diabetes. Prediabetes tidak hanya meningkatkan resiko terkena diabetes, tetapi juga resiko penyakit jantung dan stroke.
Seseorang tidak akan secara otomatis terkena diabetes Tipe 2 jika terdiagnosis prediabetes. Bagi sebagian orang dengan prediabetes, pengobatan secara dini dapat mengembalikan kadar glukosa darah ke kisaran normal.
Penelitian menunjukkan bahwa Anda dapat menurunkan resiko diabetes tipe 2 sebesar 58% dengan cara :
  • - Mengurangi 7% dari total berat badan 
  • - Berolahraga cukup (seperti jalan cepat) 30 menit sehari, lima hari seminggu
Tidak perlu harus mendapatkan berat badan ideal, cukup mengurangi berat badan antara 10 sampai 15 kg sudah dapat membuat perbedaan besar.

Semoga bermanfaat.

Artikel lain tentang diabetes :

3 comments:

  1. Banyak beredar situs tentang panawaran obat-obat aborsi tetapi banyak situs yang menipu,disini kami ada solusi bagi anda yang mempunyai masalah dengan aborsi(kehamilan yang tidak di inginkan)karena berbagai alasan,mulai dari kesehatan sampai dengan masalah ekonomi.Kami menggunakan produk-produk impor yang trjamin keamanannya(tingkat keamanan mencapai 97%),dan keaslianya(produk masih d segel) beserta pentunjuk penggunaan dan konsultasi gratis sebagai pelayanan aftersale kami.

    Untuk pemesanan dapat menghubungi:085722895021

    ReplyDelete
  2. Numpang ya bossku ^^

    HANYA DI KENARI POKER BANYAK BONUSNYA BOSSKU
    Bonus Welcome Untuk New Member:
    - Bagi deposit Rp.10,000 - Rp.14,999 Bonus Rp.5.000
    - Bagi deposit Rp.15,000 - Rp.24,999 Bonus Rp.10.000
    - Bagi deposit Rp.25,000 - Rp.49,999 Bonus Rp.15.000
    - Bagi deposit Rp.50,000 - Rp.99,999 Bonus Rp.20.000
    - Bagi deposit Rp.100,000 ke atas Bonus Rp.25.000
    - Bonus next deposit 5% untuk deposit Rp.50.000
    REAL PLAYER VS PLAYER !!!

    Syarat Klaim bonus yaitu menghubungi CS kami di
    WHATSAPP : +855966139323
    BBM : KENARI00
    LIVE CHAT : KENARIPOKER . COM
    ALTERNATIVE LINK : KENARIPOKER . COM

    ReplyDelete
  3. Numpang posting ya min ^_^
    Buruan yuk mampir di Y9POKER guys
    *Minimal Deposit 10.000-,
    *Minimal Withdraw 15.000-,

    Disini kamu dapat mainkan 1 ID untuk semua game^__^
    *Texas Poker *Capsa Susun
    *Ceme *Bandar Capsa
    *Ceme Keliling *Big Two (new game)
    *Domino QQ

    Y9POKER ada memiliki beberapa bonus menarik seperti
    *Welcome Bonus 20%
    *Bonus Referral 5%
    *Bonus CashBack Mingguan 0.5%
    *Bonus Next Deposit 5%

    Buruan Join DIY9POKER !!
    Hubungi Customer Service kami yang siap melayani kamu selama 7 x 24 jam Stay Online
    Pin BBM : E36DAA23
    WA : +6285261535211
    LINE : Y9POKER
    Live Chat : Y9POKER(.)Com

    ReplyDelete

Ruang Komentar