Monday, September 29, 2014

Artikel Kesehatan Mengenal Perkembangan Bayi

Merawat bayi memang melelahkan, tapi ada begitu banyak hal yang dapat membayar pengorbanan tenaga dan waktu Anda. Artikel kesehatan ini membahas tentang perkembangan bayi normal dari bulan ke bulan.
Bayi tumbuh dengan cara yang unik dan berbeda antara bayi yang satu dengan yang lain. Ada bayi yang bisa duduk sebelum teman-temannya, akan tetapi terlambat dalam hal merangkak. Karena setiap bayi tidak identik, batas waktu dalam tahap perkembangan mungkin bervariasi pula. Berikut tahap perkembangan bayi pada tahun awal periode kehidupan mereka :


perkembangan bayi
http://www.pinterest.com/pin/451063718902944030

Tersenyum

Setelah dua bulan tidak dapat tidur dan hanya melihat bayi Anda menangis, sekarang saatnya Anda mendapatkan hadiah nyata. Pada usia sekitar 2 bulan, bayi Anda akan mulai tersenyum ketika menanggapi Anda! Hanya sekedar mendengar suara atau melihat wajah Anda sering membuatnya tersenyum.

 

 Tertawa

Jika suara bising tangis bayi Anda terkadang membuat Anda jengkel, jangan diambil hati. Pada usia sekitar 4 bulan, Anda dapat mulai berharap mendengar suaranya lain, mungkin suara yang paling manis yang pernah Anda dengar, suara tawa bayi Anda. Bagian yang terbaik adalah begitu mudahnya membuat seorang bayi tertawa. Wajah konyol, menggelitik, dan bermain ciluk-ba biasanya lebih dari cukup untuk memicu suara tawa si bayi.

 

Tidur Sepanjang Malam

Pada awal-awal perkembangan usia bayi, sangat sulit bagi orangtua untuk mendapatkan istirahat yang cukup, bisa tidur semalam suntuk tanpa ada gangguan adalah hal yang sangat istimewa. Tetapi jangan khawatir, ketika usia bayi sekitar 4-6 bulan, kebanyakan bayi mampu tidur sepanjang malam.

 

Duduk

Pada usia sekitar 5-6 bulan, kebanyakan bayi sudah bisa duduk, bisa dengan menopang tangan di depan, atau bersandar pada bantal atau kursi. Ketika usia 7-9 bulan, bayi biasanya sudah bisa duduk tegak.

 

Merangkak

Ketika bayi berusia sekitar 8 bulan, Anda akan mulai sering berolahraga mengejar si bayi merangkak kesana kemari. Pada usia sekitar 9 bulan, kebanyakan bayi sudah bisa merangkak menggunakan kedua tangan dan kaki. Meskipun begitu beberapa bayi tidak pernah merangkak, melainkan merayap atau hanya menggeliat.
Merangkak bukanlah merupakan tahapan yang terlalu penting bagi bayi. Pada tahap ini biasanya bayi sudah mulai mengerti arti suara dan gerak tubuh. Misalnya arti lambaian tangan dan ucapan “da-da”.

 

Makan Sendiri

Antara usia 9-12 bulan, bayi siap untuk makan sendiri. Pada usia ini, bayi sudah mampu mengembangkan kontrol yang baik atas tangan dan jari-jari mereka, sehingga lebih mudah untuk mengambil benda-benda kecil  seperti makanan. Sayangnya, bayi pada usia ini juga senang mengeksplorasi rasa dan tekstur, sehingga makanan bukanlah satu-satunya hal yang mereka coba masukkan ke dalam mulut mereka. Karena itu, keamanan lingkungan harus menjadi perhatian besar orangtua pada usia ini.

 

Berdiri

Pada usia 12 bulan, sebagian besar bayi sudah mulai berdiri sebentar tanpa bantuan. Terkadang mereka sudah bisa melangkah kecil sambil memegang furniture atau benda lainnya. Pada minggu-minggu atau bulan sebelum mereka berjalan secara mandiri, bayi mungkin menghabiskan waktu berjam-jam untuk berlatih.

 

Berjalan

Anda mungkin menganggapnya sebagai salah satu momen terindah dalam hidup Anda ketika bayi Anda mulai berjalan. Tapi tidak semua bayi bisa berjalan pada tahun pertama. Angka normal berkisar antara 9-17 bulan, dan sebagian besar bayi mulai berjalan setidaknya beberapa langkah sekitar usia 13 bulan.

 

Berbicara

"Mama! Dada!" Tidak ada yang lebih menyenangkan selain pertama kali mendengar bayi memanggil mamanya, dan biasanya ini terjadi pada usia sekitar 1 tahun. Pada saat itu, kebanyakan bayi sudah bisa berbicara setidaknya satu atau dua patah kata, dan mulai meniru apa yang didengarnya. Tidak lama kemudian, Anda akan mulai bisa mendengar apa yang ada dalam pikirannya.

Semoga artikel kesehatan ini bermanfaat.

2 comments:

  1. Infonya bermanfaat dan menarik. Jadi tau tahap perkembangan bayi dan bisa membantu bagi para ibu - ibu yang baru saja mempunyai momongan. Terima kasih :)

    Tahap Perkembangan Gigi Bayi

    ReplyDelete
  2. Infonya bermanfaat banget :) jadi tau tahap - tahap perkembangan pada bayi . Terima kasih atas infonya :)

    Tips Melahirkan Normal

    ReplyDelete

Ruang Komentar